Kamis, 29 November 2012

Dampak Positif dan Negatif dengan Adanya Robot



ROBOTIKA






Di Zaman yang serba modern ini kehidupan manusia sudah lebih instan. Dengan adanya teknologi yang semakin hari semakin berkembang, seperti robot yang diciptakan manusia untuk membantu manusia melakukan pekerjaanya. Contohnya robot yang berada di industri makanan. Mesin robot ini membantu pekerjaan manusia untuk mengisi makan dan mengemas makanan yang akan di produksi. Masih banyak yang lainya, seperti manusia dibantu oleh robot untuk menentukan arah jalan atau robot yang membantu manusia untuk menunjukan arah kota.
Untuk mengetahuinya,  kita harus tahu pengertian tentang robot. apa yang dimaksud dengan robot? Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakanrobot industri digunakan dalam bidang produksi. 





Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot.
Dengan adanya robot di dunia ini, robot itu sendiri memberikan dampak, ada yang berdampak positif dan ada yang berdampak negatif. Pada tulisan kali ini penulis ingin menulis dampak yang terjadi pada robot dan manusia. Yang pertama penulis akan bahas adalah mengenai dampak positif pada robot.
Dampak positif  yang terjadi jika robot ada adalah : Membantu kinerja manusia dalam melakukan pekerjaanya. Dizaman yang serba canggih ini dan dengan kecanggihan teknologi. Manusia menciptakan robot untuk membantu kerja manusia. Seperti di dalam restoran terdapat robot yang membantu pekerjaan koki. Tugas robot itu sendiri untuk membantu koki membawakan pesanan ke meja pemesan. Dengan hal ini sang koki tidak harus kerja dua kali untuk mengantarkan pesanan dan memasak pesanan.



Dampak terhadap manusia
a).     Sempitnya lapangan kerja. Karena pekerjaan sudah diaambil alih oleh robot.
b). Mentalitas teknologi, hal ini tercermin pada kepercayaan yang berlebihan pada alat (teknosentris), seolah-olah segala sesuatu dapat dipecahkan oleh teknologi dan sesuatu akan lebih meyakinkan kalau dilakukan
dengan peralatan dan disertai angka-angka.
d). Krisis teknologi, berbagai krisis yang melanda dunia abad ini terutama disebabkan oleh perkembangan teknologi yang terlalu cepat, sehingga proses adaptasi dan integrasi tidak p dilakukan. Akibatnya terhadap individu ialah technostress, penyakit urban, penyakit peradaban
Dampak terhadap lingkungan:
a. Habisnya sumberdaya, dikarenakan robot itu sendiri membutuhkan suber daya alam yang cukup banyak.
b. Timbulnya cuaca extrim diakibatkan industri mesin merajalela.
c. Pencemaran lingkungan, diakibatkan industri robot dah hasil pembuanganya yang melimpah.
d.Beban lebih informasi, ligkungan informasi juga akan menimbulkan problem karena pertumbuhannya yang sangat cepat, melampui daya serap dan daya olah manusia.
Itulah beberapa contoh dampak yang disebabkan oleh robot. Ada dampak baik dan ada juga dampak buruknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar